Koordinasi Awal SLB Muhammadiyah Sekar Melati

IVLP Impact Awards 2024


Berkaitan dengan project International Visitor Leadership Program Impact Awards 2024, koordinasi dilakukan di sekolah mitra. Pada tanggal 7 Agustus 2024, kami memulai dengan berkunjung ke Sekolah Luar Biasa Muhammadiyah Sekar Melati. SLB ini terletak di area Sriharjo, Imogiri, Bantul. Lokasi yang asri tidak jauh dari sungai Oyo dan jembatan gantung.

SLB ini awalnya menempati rumah warga. Kemudian, warga persyarikatan mengumpulkan dana untuk membeli tanah sebagai tambahan dari tanah wakaf. Bahkan tanah uruk pun didapatkan dari tebing di dekat SLB secara gratis. SLB hanya menyediakan alat berat. SLBM Sekar Melati ini merupakan salah satu dari empat SLB Muhammadiyah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang tersebar di antaranya di Dekso (Kulon Progo), Gamping (Sleman), dan Ponjong (Gunung Kidul).



Terdapat setidaknya 10 guru termasuk kepala sekolah. Jumlah siswa sebanyak 29 siswa yang terbagi menjadi jenjang SD, SMP, dan SMA. Tidak semua siswa masuk setiap hari karena berbagai kendala. Sekolah juga menyediakan layanan antar siswa ke rumah. Diperlukan banyak dukungan pendanaan untuk melengkapi fasilitas diantaranya laboratorium dan media pembelajaran.



Project kami tentang lokakarya pemrograman dengan SCRATCH untuk siswa tuli dapat dilakukan di SLB ini. Terlebih topik kebencanaan dekat cocok secara kontekstual karena lokasi dekat dengan patahan Opak. Terdapat 1 siswa SMP dan 1 siswa kelas 6 SD yang kemungkinan dapat diajak menjadi peserta. Kepala Sekolah, Pak Tatang sangat menyambut baik kemitraan ini.





Comments

Popular posts from this blog

Drama Sepak Bola di Piala Rektor

Koordinasi Skenario SCRACTH #1