Koordinasi SLB Damayanti dan SLB Wiyata Dharma 3



IVLP Impact Awards 2024


Koordinasi awal dilakukan juga di sejumlah SLB. Pada Jumat, 9 Agustus 2024, kami berkoordinasi dengan SLB Damayanti, Sleman. Mahasiswa, Radha, ternyata bertetangga dengan ketua yayasan, bu Yanti. Kami diterima oleh bu Yanti dan bapak Kepala Sekolah SLB Damayanti, Sri Widodo. SLB ini bersifat umum, jadi menerima disabilitas tuna rungu, tuna daksa, dan tuna grahita. 



SLB ini memfokuskan pada pengembangan life skill siswa. Terdapat peternakan kambing, ikan, dan ayam. Sekolah juga mengembangkan pakan fermentasi. Siswa diberikan kesempatan untuk beternak dan mengolah pakan. Selain itu, siswa juga berksempatan untuk melatih diri dengan bercocok tanam di kebun. Bekal ini diharapkan menjadikan siswa mandiri di kehidupannya setelah lulus sekolah. Terdapat siswa SMP yang siap untuk diajak mengikuti workshop pemograman. 




Setelah dari SLB Damayanti, kami meneruskan kunjungan ke SLB Kanna Manohara, Sleman. SLB ini khusus untuk siswa tuna rungu. Namun, siswanya hanya pada jenjang SD. Kami memprioritaskan unutk siswa tuna rungu pada jenjang SMP dan SMA.


Langkah kami untuk menambah jumlah sekolah dan siswa berujung pada SLB Wiyata Dharma 3, Sleman. SLB ini menangani siswa tuna rungu dan tuna grahita. Kami melakukan koordinasi awal pada hari Jumat, 16 Agustus 2024. Bapak Kepala Sekolah, Indro menyambut baik ajakan kemitraan karena dapat menambah wawasan khususnya bidang TIK. Terdapat 3 siswa SMP dan SMA yang siap diajak kerja sama. 


Comments

Popular posts from this blog

Drama Sepak Bola di Piala Rektor

Koordinasi Awal SLB Muhammadiyah Sekar Melati

Koordinasi Skenario SCRACTH #1